Setelah meninjau analisis Use Case, berikut ini adalah class dasar dan tindakan yang akan dilakukan :
Classes : (Dasar pembangunan blok of EWS)
| S1 No. | Class | Tanggung Jawab Utama | |
|---|---|---|---|
| 1 | DataRepository | Koneksi sistem ke database, dan mengatur penyimpanan data sistem EWS. | |
| 2 | CrystalReport | Mengatur catatan dan dokumentasi atas laporan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi sistem EWS. | |
| 3 | Hitung | Mengatur penempatan barang di lot dalam gudang untuk kemudian menunjukan status lot. | |
| 4 | Cari | Mengatur dan mempermudah pencarian barang di dalam gudang. | |
| 5 | User | Mengatur data dan status pelanggan serta admin. | |
| 6 | Barang | Mengatur data dan jenis barang penitipan. | |
| 7 | Gudang | Mengatur kondisi barang di dalam lot, status penyimpanan, status lot dan gudang. | |
| 8 | GUI | Mengatur tampilan antarmuka user. |
Note : Class-class lain yang memungkinkan akan ditambah ke dalam daftar seiring dengan pelaksanaan pembuatan sistem jika nantinya diperlukan.
Aksi class sebagai berikut :
| S1 No. | Aksi |
|---|---|
| 1 | Buka database, tutup database, dan simpan ke database. |
| 2 | Melakukan pelaporan atas dokumentasi sistem (Report Show/ Delete/ Rename). |
| 3 | Melakukan perhitungan kapasitas atas kondisi lot dalam gudang (Create/ Delete/ Edit). |
| 4 | Mencari lokasi barang di gudang (public function Ketemu). |
| 5 | Mengatur data dan status pelanggan serta admin, mendaftar baru, mengubah/ mengganti status pelanggan, dan menghapus pelanggan dari daftar (Create/ Edit/ Delete/ Save data). |
| 6 | Mengatur data dan status barang titipan, menambah baru, mengubah/ mengganti, dan menghapus barang dari daftar (Create/ Edit/ Delete/ Save data). |
| 7 | Mengatur kondisi gudang (Create/ Edit/ Delete). |
2. System Structure
Disini kami akan menggambarkan struktur akhir dari sistem. Bagaimanapun harus tetap diingat bahwa mendapatkan struktur akhir dari sistem merupakan latihan berulang-ulang dari pendefinisian struktur awal yang terus disempurnakan sebagai desain berlangsung. Secara khusus, pemodelan dinamis berdampak pada struktur.
2.1 Inheritance Structure
Sepertinya akan ada struktur pewarisan sifat dari suatu superclass ke subclass karena adanya kesamaan antara class yang satu dengan yang lainnya, walaupun akan ada penambahan karakteristik lainnya. Misalnya, di class user akan memiliki inheritance class member dan admin. Dan selanjutnya di satu class misalnya seperti class member kemungkinan akan memiliki inheritance, berupa class pelanggan tetap dan pelanggan tidak tetap, atau akan digambarkan dalam suatu method function status pelanggan. Gambar di bawah ini menunjukkan kemungkinan struktur pewarisan yang terjadi.
Gambar 1.1 Kemungkinan Inheritance
Namun, jika tidak diperlukan dapat menggunakan alternatif lain seperti method function status member yang digunakan untuk menentukan status dari pelanggan tersebut.
2.2 Aggregation
Struktur logis dari sistem di atas menyarankan kemungkinan penggabungan antara class yang satu dengan yang lainnya yang digambarkan sebagai berikut :
Gambar 1.2 Struktur Agregasi
2.3 Associations
Kami menggambarkan asosiasi antar class di dalam proses pemodelan aksi utama yang secara lengkap digambarkan pada class diagram yang lengkap (Complete Class Diagram).
2.4 Complete Class Diagram
Pada akhirnya setelah mengingat semua aksi utama, berikut adalah penggabungan semua asosiasi dan agregasi class tersebut.
Gambar 1.3 Complete Class Diagram
3. System Behavior
Perilaku dinamis dari sistem dimodelkan dengan memikirkan interaksi antara class yang terlibat dalam setiap tindakan pokok. Kami menunjukkan diagram akhir di sini dan bahwa model ini memiliki dampak dalam memperbaiki dan meningkatkan diagram class yang kami tidak bahas aspek-aspeknya di sini.
3.1 Principle Actions : Menu Utama User
Gambar 1.4 Sequence Diagram for Main Menu
3.2 Principle Actions : Report/ Delete/ Rename/ Show Portofolio
Gambar 1.5 Sequence Diagram for Action Create PortoFolio
3.3 Principle Actions : Create/ Delete/ Edit Consumen Data
Gambar 1.6 Sequence Diagram for Action User
3.4 Principle Actions : Create/ Delete/ Edit Product Data
Gambar 1.7 Sequence Diagram for Action Product
3.5 Principle Actions : Create/ Delete/ Edit Warehouse Conditions
Gambar 1.8 Sequence Diagram for Action Warehouse
3.6 Principle Actions : Create/ Delete/ Edit Stock
Gambar 1.9 Sequence Diagram for Action Stock Warehouse
3.7 Principle Actions : Validate User
Gambar 1.10 Sequence Diagram for Action Validate User System
3.8 Principle Actions : Check/ Set/ Delete Alerts
Gambar 1.11 Sequence Diagram for Alerts System
untuk mendownload klik disini




Tidak ada komentar:
Posting Komentar